Materi Pelatihan Pemasaran Produk UKM Secara Online

​Bicara tentang UKM naik kelas, siang ini kita bicarkan hal-hal yang membuat UKM naik kelas yuk, salah satunya adalah UKM harus melek pemasaran.

Berbicara tentang  pemasaran, banyak hal yang sangat penting dalam menjalankan sebuah usaha, baik itu usaha kecil maupun besar, semua membutuhkan pemasaran.

Nah seberapa penting sih strategi pemasaran bagi UKM itu sebenernya? Ikuti kultweet berikut ini yuk..

1. Pemasaran berfungsi untuk mengkomunikasikan mengenai informasi produk ke konsumen, dari kelebihan produk sampai dengan informasi detail

2. Pemasaran berperan untuk menghadapi segala persaingan bisnis

3. Tanpa strategi pemasaran yang baik, strategi penjualan akan sulit mencapai hasil yang maksimal.

4. Selain itu strategi pemasaran sangat dibutuhkan sebagai strategi untuk membangun hubungan dengan konsumen, untuk mengetahui apa keinginan konsumen

5. Strategi pemasaran berperan untuk menjaga pertumbuhan bisnis dalam jangka panjang dan berkelanjutan.

Demikian untuk hari ini semoga bisa bermanfaat.. kita lanjutkan besok dengan tema obrolan yang lebih seru lagi.. Selamat sore..

Selamat pagi jelang siang.. melanjutkan obrolan kemarin tentang pemasaran, hari ini kita coba bahas cara pemasaran dengan biaya minim untuk UKM yuk

Terbatasnya anggaran pemasaran yang dimiliki UKM, bukan berarti menjadikan Usaha Kecil kalah saing dengan usaha dengan skala yang lebih besar. UKM harus lebih kreatif dengan menetapkan strategi pemasaran walaupun dengan keterbatasan anggaran atau dana yang dimiliki, terlebih bagi UKM pemula. Sebenarnya banyak cara yang dapat dilakukan UKM  dalam menetapkan strategi pemasaran, diantaranya melalui tips berikut ini.. simak ya..


​UKM harus mampu membuat target bisnis. Salah satunya dalam bentuk target sales/omzet. Tentukan jumlah dan periodenya. Cek siapa pesaing kita dipasaran. Cek produk atau jasa yang serupa, cek kelebihan mereka, dan jadikan acuan atau referensi. Kenali siapa saja target konsumen yang ingin disasar.  Usahakan produk Anda harus punya pembeda/diferensiasi dengan produk pesaing.

Kenalkan produk Anda ke konsumen alias melakukan promosi, promosi bagi UKM bisa dengan cara online maupun offline. Promosi untuk UKM dengan cara offline bisa seperti membuat brosur, iklan, mengikuti event promo, ikut menjadi sponsor event, dll. Sedangkan promosi online bagi UKM bisa dengan cara membuat webisaite/ online shop, aktif dan memanfaatkan berbagai media sosial yang ada.

Nah kemudian jika semua hal tersebut sudah dilakukan, kemudian kembangkan strategi jualan/meningkatkan sales. Membuat calon pembeli menjadi pembeli dapt dilakukan dengan memberikan penawaran menarik, sprt: diskon/voucher belanja. Jaga konsumen agar menjadi pelanggan setia melalui pembelian berulang kali, buat kartu member untuk mengikat mereka. Bangun merek Anda, jaga kualitas produk, jika perlu daftarkan merek di HKI biar resmi serta lengkapi segala surat perijinan usaha Anda.

Dengan demikian usaha kecil Anda sudah kreatif menetapkan strategi pemasaran yang berguna bagi usaha Anda. Sudah saatnya kini UKM untuk naik kelas!

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.