Workshop "Marketing Plan" Rencana Pemasaran untuk UKM



​Mengucapkan langsung dari Kelas Ketrampilan! Sudah siapkan ide membuat Marketing Plan hari ini?

Sudah dimulai nih kelasnya oleh Mas Yuswohady One-Day Workshop: Marketing Plan for UKM. Simak yuk!

Dalam pembukaan kelas workshop pagi ini, Yuswohady bilang kalau karyawan adalah salah satu bagian penting dari Marketing Plan.

"Membangun karyawan akan lebih bermanfaat untuk sustainability bisnis"

Karena menurut Yuswohady , membangun karyawan akan lebih bermanfaat untuk sustainability bisnis. Planning ini penting. Apalagi, sebanyak 50%-70% UKM dalam 3 tahun biasanya akan tutup karena planning-nya tidak berjalan baik.

Oh ya, selain KARYAWAN, BRAND yang kita punya juga termasuk ke dalam marketing plan lho! Namun, perlu kita ingat bahwa BRAND tidak hanya sebatas logo dan nama, tapi lebih kompleks. Ada VALUE di dalamnya!

"Marketing plan tidak sembarangan dibuat, harus ada strateginya." kata Yuswohady

Mungkin ada pertanyaan seperti ini: "Lalu bagaimana caranya membuat Marketing Plan yang tepat?"

"Strategi dalam Marketing Plan, ada baiknya kita review di tahun sebelumnya untuk forecast di tahun mendatang," kata Yuswohady

Ternyata balik lagi ke teori dasar nih, Rekan. Kita jangan sampai melupakan dinamika market, mereka itulah sumber insight kita. Mudahnya seperti ini, dengan memahami market kita akan tau kebutuhan konsumen dan peluang apa yang bisa diambil. Dengan memahami kedua hal tadi, akan lebih mudah kita membuat Marketing Plan bisnis kita.

Nah biar gak makin penasaran, yuk simak terus dalam workshop Marketing Plan ini bersama Mas Yuswohady.  Setelah ikut workshop, teman-teman di sini lagi asik membuat Marketing Plan, dan langsung praktek!

"Saat membuat Marketing Plan harus optimis, dari hasil analisa market dan peluang yang ada." kata Yuswohady

Setelah ISHOMA, kita mulai lagi yuk workshop Marketing Plan siang ini :)

Di sesi 1 tadi, kita sudah belajar Planning dari hasil review. Terutama dari poin dinamika market, kompetitor, dan konsumen. Nah di sesi selanjutnya, kita akan belajar bagaimana membuat Marketing Plan dari hasil analisa S.W.O.T



Analisa SWOT ini pastinya lumrah kita kenal. Hanya saja, seberapa dalam kita mengoreknya lebih dalam untuk bisnis kita?

Yuk ingat kembali apa itu SWOT!

S (Strength): Sesuatu apa yang menjadi 'kekuatan' dari bisnis kita. Ini penting saat kita ingin merebut marketshare competitor.

Dengan tau kekuatan yang dimiliki, kita akan tau seberapa jauh kemampuan kita menaklukan kompetitor dan merebut marketshare

W (Weakness): Ini adalah poin kelemahan dari bisnis kita

Dari kita tau apa yang menjadi kelemahan, kita akan tau seberapa jauh batasan yang bisa bisnis kita perbuat

O (Opportunity): Ini adalah peluang yang ada di sekitar kita. Mana saja yang bisa diambil untuk dimaksimalkan

Dengan cerdik mengambil dan memilih peluang yang ada, kita akan selangkah lebih maju dari kompetitor. Ya kan? :)

Dan terakhir adalah T (Threat): Ini adalah ancaman yang selalu mengintai di sekeliling kita

Ancaman ini selalu ada dari kompetitor, dinamika market, dan bahkan dari internal bisnis kita sendiri. Jadi, waspadalah! :)

Wah, makin seru nih sepertinya. Sekarang saya mau lihat Rekan di sini yang sedang asik lanjutkan pembuatan Marketing Plan.

Dalam membuat strategi, ada 3 hal yang harus diingat menurut Yuswohady

1. Inovasi

2. Operational Excellent

3. Customer Intimacy

Begitupun dengan strategi market

1. Market Driven

2. Market Driving

Untuk Market Driven sendiri adalah; Need sudah ada, kita hanya mengikuti maunya market. Sementara Market Driving; Need belum ada, tugas kita untuk 'memaksa' market agar mengikuti apa yang kita tawarkan  Yuswohady.

Contoh Market Driving dari Yuswohady misalnya Steve Job yang banyak melihat kebutuhan market dan memproyeksikan idenya dengan tepat. Maka itulah terlahir produk-produk laptop dan komputer tablet yang cukup inovatif seperti yang selama ini beredar di pasaran. Nah Rekan, tadi kita sudah banyak membahas soal Business Review dan SWOT Analysis dalam membuat Marketing Plan yang tepat.

Sekarang kita mulai ACTION dengan mulai membangun apa yang tadi sudah di-review dan analisa! Namun, sepertinya kita harus segera take action atas planning yang tadi sudah dibuat. Sampai jumpa lagi di lain kelas dan achievement baru yang lebih sukses!

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.